Blog khusus seputar teknik Otomotif yang membimbing para pemula agar mengerti sedikit tentang permesinan seperti Sistem Pengapian, Kelistrikan, Mesin Diesel, Dan Lain-Lain

Fungsi Camshaft atau Poros Nok

Fungsi Camshaft atau Poros Nok. Pada mesin 4 tak terdapat komponen yang mana juga merupakan salah satu komponen dari mekanisme katup. Komponen tersebut adalah poros nok. Poros nok atau cam shaft jumlahnya 1 untuk mekanisme tipe singgle, sedangkan untuk double (DOHC) jumlah camshaft ini ada dua.

Pada poros nok ini terdapat nok katup dan buang, yang berfungsi untuk membuka dan menutup katup sesuai dengan timing (saat yang ditentukan).

Fungsi utama camshaft atau poros nok ada 3 (tiga) yaitu :

  1. Untuk membuka dan menutup katup sesuai dengan urutan timing pengapian atau FO
  2. Untuk menggerakkan fuel pump atau pompa bensin
  3. Untuk memutar poros distributor karena pada camshaft terdapat gigi penggerak distributor atau (Distributor drive gear).

Pembebanan Poros Cam

  • Gesekan pada bantalan poros kam pada bidang lengkung
  • Pembengkokan waktu menekan katup
  • Momen puntir ( momen putar penggerak ) 

 

Pembuatan poros Cam

  • Bahan : Baja perkakas atau tuang khusus
  • Dituang atau ditempa sesuai bahannya, kemudian digerinda
  • Dikeraskan pada permukaan kam-kamnya dengan perlakuan panas

Camshaft

Dan gambar di atas merupakan kontruksi/gambar dari poros nok pada mobil/kendaraan.
Baca juga :
Labels: Komponen Engine, mesin 4 tak

Thanks for reading Fungsi Camshaft atau Poros Nok. Please share...!

0 Comment for "Fungsi Camshaft atau Poros Nok"

Back To Top