Blog khusus seputar teknik Otomotif yang membimbing para pemula agar mengerti sedikit tentang permesinan seperti Sistem Pengapian, Kelistrikan, Mesin Diesel, Dan Lain-Lain

Pengertian Dan Fungsi Ignition Coil (Koil Pengapian)

Pengertian Dan Fungsi Ignition Coil (Koil Pengapian) - Ignition Coil merupakan salah satu komponen dalam sistem pengapian. Ignition Coil berfungsi untuk menaikkan tegangan dari 12V menjadi 10.000 volt bahkan lebih. Tegangan tinggi ini digunakan untuk menghasilkan loncatan bunga api yang kuat pada busi di dalam ruang bakar. Koil pengapian terdiri dari kumparan primer dan kumparan sekunder. Kumparan primer dan sekunder akan menaikkan tegangan dari baterai melalui induksi elektromaget/induksi magnet listrik.

Pengertian Dan Fungsi Ignition Coil
Pengertian Dan Fungsi Ignition Coil


Dari segi konstruksi, ignition coil terdiri dari inti besi yang dikelilingi oleh kumparan yang terbuat dari baja silikon yang tipis yang digulung ketat. Kumparan sekunder terbuat dari kawat tembaga tipis dengan diameter 0.05 mm s/d 0.1 mm, yang digulung 15.000 s/d 30.000 kali lilitan pada inti besi. Sedangkan kumparan primer terbuat dari kawat tembaga dengan diameter 0.5 mm s/d 1.00 mm, dan digulung sebanyak 150 kali s/d 300 kali lilitan mengelilingi kumparan sekunder. Untuk mencegah terjadinya hubungan singkat (short circuit) antara lapisan kumparan yang berdekatan, maka antara lapisan satu dengan lapisan yang lain disekat dengan kertas yang mempunyai tahanan sekat yang tinggi. Ruangan yang kosong dalam tabung kumparan diisi dengan minyak atau campuran penyekat untuk menambah daya tahan terhadap panas.

Salah satu ujung dari kumparan primer dihubungkan dengan terminal negatif primer dan ujung yang lain dihubungkan dengan terminal positif primer. Kumparan sekunder dihubungkan dengan cara yang sama, dimana salah satu ujungnya dihubungkan dengan kumparan primer pada terminal positif sedangkan ujung yang lain dihubungkan dengan terminal negatif tinggi melalui sebuah pegas.

Masih ada yang belum tahu bentuk dari Ignition Coil? Ini saya kasih gambarnya :


Jadi udah ngerti belum dari penjelasan tentang Pengertian Dan Fungsi Ignition Coil ? Kalo belum silakan tanya di kolom komentar :)


Labels: sistem pengapian

Thanks for reading Pengertian Dan Fungsi Ignition Coil (Koil Pengapian). Please share...!

0 Comment for "Pengertian Dan Fungsi Ignition Coil (Koil Pengapian)"

Back To Top